Rancang Bangun UMKM Abdya (Prototipe)

0
22
Reading Time: < 1 minute

Gambar : Rancang Bangun UMKM (Prototipe)

Rancang Bangun UMKM ini hadir untuk menjawab tantangan Bupati Aceh Barat Daya, Akmal Ibrahim terkait solusi pemerintah daerah dalam mengembangkan UMKM Tahun 2017.

Penulis  mencoba menganalisa dan membuat rancang bangun UMKM dengan solusi Pemerintah Daerah berbasis Program dan Kegiatan yang bisa didanai di berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah berikut dengan skema Lembaga Keuangan Mikro dan Simulasinya.

Perkembangan terbaru di Aceh Barat Daya sendiri, akhir tahun 2019 telah hadir Central Creative Industries Of Abdya (CCIA)  yang menampung produks UMKM  untuk pusat oleh oleh dari Abdya, yang beralamat sementara di Jalan Iskandar Muda, Geulumpang Payong Blangpidie.

Mengingat data yang kita analisis ini tahun 2017, maka ada beberapa SKPD yang sudah melebur dan beberapa nama program dan kegiatan yang sudah disesuaikan dengan Permendagri No.90 Tahun 2020 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

Rancang Bangun ini disusun sederhana dengan mengkaji dasar permasalahan UMKM yang sulit berkembang, jika kemudian Rancang Bangun UMKM Abdya ini masih relevan untuk ditimbang sebagai upaya percepatan pemerintah daerah dalam mengembangkan UMKM di daerah, kami mempersilakan pada siapa saja yang mempunyai kapasitas terkait problematika seputar UMKM untuk mengadopsi, merevisi dan mengembangkan lebih lanjut Rancang Bangun UMKM ini.

Semoga bermamfaat.

Notes:

Rancang Bangun UMKM Abdya full dapat diunduh pada link dibawah:

shorturl.at/uEFP8

 

Leave a reply