keluar dari zona nyaman

Zona Nyaman Membunuhmu

“Keluar dari zona nyamanmu. Anda hanya dapat tumbuh jika anda ingin merasa canggung dan tidak nyaman ketika anda mencoba sesuatu yang baru. ”- Brian Tracy
1
142
Reading Time: 5 minutes

Mengapa anda harus rela keluar dari zona nyaman anda dan bertemu kehidupan dengan hasrat dan semangat yang berbeda? Berikut ini adalah skenario yang terlalu umum yang dimainkan dalam kehidupan manusia, menggambarkan bagaimana keluar dari zona nyaman kadang-kadang dapat menyebabkan apatisme dan kenyamanan.

Dunia ini luas, maka berhijrahlah – setidaknya mungkin itulah pribahasa yang pernah kita dengar. Anda mungkin sakit dan lelah berada dalam kebiasaan anda. Merasa tidak terinspirasi – terkuras secara emosi dan hilang arah. Jangan putus asa karena anda mungkin hanya mengalami perubahan internal.

Dari waktu ke waktu, anda mungkin mengalami periode ketidakpastian, yang pada permukaannya tampak seolah-olah dunia anda sedang tenggelam. Anda mungkin merasa tidak berdaya dan tidak dapat menavigasi perjalanan anda ke depan.

Meskipun anda bisa mencoba mengabaikannya, namun ada sesuatu yang tidak beres – dan anda tahu bagian itu setidaknya. Hidup terasa lebih sulit dan membutuhkan usaha lebih dari biasanya.

Semuanya adalah tugas. Anda merasakan gejolak emosional pada episode sekecil apa pun ketika segala sesuatu tidak berjalan sesuai rencana. Yakinlah hidup tidak selalu berjalan mulus. Mencari perlindungan dalam kenyataan itu membebaskan kita dari keharusan mendorong kekuatan kehidupan.

Seperti halnya perjalanan apa pun, niat untuk mencapai tujuan seseorang biasanya digembar-gemborkan oleh tujuan atau rencana, meskipun anda mungkin tidak mengantisipasi perubahan besar di depan. Artinya, anda mungkin harus berlayar dengan perahu anda di perairan yang belum dipetakan untuk mencapai tujuan akhir anda.

Perjalanan hidup memang dipenuhi dengan pelajaran yang tak terhitung jumlahnya, yang seringkali kita gagal untuk mengakui bahwa kita terlibat di dalam drama kehidupan ini.

Perubahan Yang Melemahkan

Dalam buku terkenal Paulo Coelho, The Alchemist, bocah gembala Santiago melakukan pencarian berkeliling dunia untuk menemukan harta karun dan legenda. Pada akhirnya ketika dia mendekati akhir perjalanannya, dia menemukan bahwa harta yang ia cari tepat berada di tempat dia memulai perjalanannya. Dia menyadari bahwa perjalanannya melintasi dunia membuatnya dipenuhi dengan kebijaksanaan dengan banyak pengetahuan dari orang-orang yang ditemuinya di sepanjang jalan.

Perjalanannya tidak membuang-buang waktu, karena ia telah memperoleh banyak dari pengalamannya dalam mencari harta karunnya.

Saya ingin mengingatkan anda bahwa apa yang terkandung dalam setiap upaya, setiap langkah, dan setiap kegagalan membuat anda semakin dekat dengan harta anda – harta karun berharga anda. Tidak ada yang terbuang. Tidak ada usaha yang sia-sia.

Ada ritme dan waktu untuk alam semesta ini yang harus anda ikuti jika anda ingin menyadari potensi anda. Dengan pemikiran itu, keluar dari zona nyaman anda mungkin melumpuhkan bagi sebagian orang, karena ada tingkat kecemasan yang terkait dengan ketidakpastian.

Anda akan menjadi terbiasa dengan familiar yang guncangan perahu kehidupan, mengacaukan keseimbangan anda.

Penulis Neale Donald Walsch dari seri buku spiritual yang terkenal, Conversations With God mengingatkan kita, “Kehidupan dimulai pada akhir zona kenyamanan anda.”

Berurusan dengan ketidakpastian dan perubahan bisa melemahkan dalam hal tekanan yang anda paksakan untuk anda hadapi, namun tampaknya untuk menjalani masa depan yang menarik anda membutuhkan untuk melangkah keluar dari zona akrab untuk mencapai cakrawala baru. Ini menggambarkan bagaimana tingkat kenyamanan anda dikaitkan dengan keinginan anda untuk berubah. Biasanya semakin kuat keinginan untuk berubah, semakin anda merasa tidak nyaman, saat anda bergerak ke arah yang tidak diketahui.

Zona kenyamanan adalah musuh besar kreativitas, bergerak di luarnya membutuhkan intuisi, yang pada gilirannya mengkonfigurasikan perspektif baru dan menaklukkan ketakutan.

Demikian pula dengan apayang digambarkan dalam kutipan oleh Lao Tze adalah pengingat untuk memungkinkan proses kehidupan terungkap tanpa menambahkan drama anda ke dalamnya: “Hidup adalah serangkaian perubahan alami dan spontan. Jangan melawan mereka – itu hanya menciptakan kesedihan. Biarkan kenyataan menjadi kenyataan. Biarkan segala sesuatu mengalir secara alami ke depan dengan cara apa pun yang mereka suka.”

Ingat, respons anda terhadap kehidupanlah yang terpenting pada tingkat pertumbuhan pribadi yang anda lakukan. Kebanyakan orang berkembang dalam situasi ideal, meskipun ini tidak menguji karakter seseorang.

Respons anda terhadap ketidakpastian hidup menentukan tingkat pertumbuhan batin anda, terutama ketika ombak kenyataan menentang anda.

Sebagai contoh, pengusaha membutuhkan kepercayaan diri untuk tidak pernah menyerah pada rencana atau visi mereka, karena kekuatan ekonomi terus-menerus menantang mereka. Harus ada keyakinan diri yang melekat, motivasi pantang menyerah dan keinginan untuk menang.

Saya mendorong anda untuk mengadopsi kualitas serupa dalam upaya anda untuk keluar dari zona nyaman anda. Jangan berpuas diri karena apa yang anda hadapi begitu mudah – ingat, tempat yang mudah bukanlah tempat buah kesuksesan anda berada.

Anda harus mau mengambil risiko, baik besar atau kecil dan secara bertahap bergerak ke arah impian anda. Selain itu, saya mengajak anda untuk berpikir besar dan bertindak besar, untuk mendapatkan imbalan yang lebih besar dalam hidup.

Recommend Posts

Sukses Akan Memberikan Petunjuk

Ahli motivasi dan kepemimpinan Robin Sharma mengingatkan kita tentang perlunya menciptakan mimpi yang lebih besar untuk diupayakan: “Jika orang tidak menertawakan impian anda, maka impian anda belum cukup besar.”

Dalam nada yang sama, David J. Schwartz yang menulis buku terlaris The Magic of Thinking Big. Dia mengingatkan kita tentang kekuatan kepercayaan kita sebagai ukuran mengejar impian kita dengan intensitas yang kuat: “Mereka yang percaya mereka dapat memindahkan gunung, lakukan. Mereka yang percaya mereka tidak bisa, tidak bisa. Keyakinan memicu kekuatan untuk melakukannya.”

Kenyamanan membuat anda tetap aman dan seringkali mandek dan terus mandek. Kebanyakan orang cukup puas untuk menjalani kehidupan yang kebal terhadap potensi mereka. Mereka lebih suka tidak mengambil risiko jika kehidupan tidak muncul seperti yang mereka harapkan.

Selanjutnya, harga diri mereka terpukul dan mereka menganggap diri mereka sebagai kegagalan. Namun kegagalan dan harga diri tidaklah terkait erat.

Anda tidak gagal karena tujuan anda gagal terwujud sesuai harapan anda. Anda mungkin tidak berhasil dalam mencapai tujuan anda, meskipun begitu anda mungkin semakin mendekati kesuksesan setiap kali anda mencobanya, namun anda tidak menyadarinya.

Ketika anda bergerak di luar zona nyaman anda, apa yang tadinya tidak dikenal dan menakutkan menjadi normal bagi anda.

Tony Robbins mengatakan: “Sukses meninggalkan petunjuk.” Melangkah dari kenyamanan anda mengharuskan anda untuk memperpanjang batas-batas pribadi anda untuk menciptakan kehidupan yang memuaskan. Mungkin anda mengenal orang-orang sukses yang anda kagumi, mereka telah melewati zona nyaman mereka untuk mencapai tingkat penguasaan mereka saat ini.

Mereka menerobos banyak langit-langit tantangan untuk menciptakan cara hidup baru dan juga membuka jalan bagi orang lain untuk mengikuti mereka. Dan itu adalah aspek yang mengundang orang lain pula untuk mendorong mereka melewati zona nyaman. Anda menjadi tiang penuntun bagi orang lain untuk mengikuti, dengan menerobos dalam pengejaran target kehidupan anda.

Namun hal memikat yang tampaknya mendorong untuk keluar dari zona nyaman anda, sebaiknya tidak membuatnya hanya menjadi sebuah pencarian konstan. Mengintegrasikan pengalaman anda ke dalam hidup anda menjadi hal yang terpenting, karena hal itu ditentukan oleh pembelajaran dan pertumbuhan jiwa anda, yang menjadi titik fokus untuk mendorong melewati tingkat kenyamanan anda.

1 comment

Leave a reply

Artikel Lainnya